Tuesday , November 13 2018
Home / Berita / ABB Tawarkan Teknologi Pendukung Pembangkit Panas Bumi

ABB Tawarkan Teknologi Pendukung Pembangkit Panas Bumi

Suaracargo.com, JAKARTA–ABB mendapatkan kontrak penggantian sistem kontrol turbin untuk PLTP Darajat 55 megawatt (MW) dan 3 unit PLTP Gunung Salak masing-masing 60 MW.

Turbin uap pada PLTP Drajat milik PT Indonesia Power Kamajong telah beroperasi selama 22 tahun, sementara turbin uap pada PLTP Gunung Salak telah beroperasi selama lebih dari 20 tahun.

Kontrak yang diperoleh ABB meliputi penggantian sistem digital electro-hydraulic control (DEHC) untuk turbin uap dengan mengganti sistem kontrol turbin dengan solusi control turbin ABB Ability ™ Symphony® Plus, termasuk kontrol pengatur, turbin dan start-otomatis dan sistem instrumentasi pengawasan turbin yang terintegrasi atau Turbine Supervisory Instrumentation System (TSI) yang juga dikenal sebagai Sistem Pemantauan Getaran atau Vibration Monitoring System (VMS).

Ruang lingkup pasokan juga mencakup desain, teknik, instalasi dan komisioning, pelatihan dan pemeliharaan, dan layanan pasca-komisioning. Selain itu, ABB akan memasok sinkronisasi otomatis di pembangkit listrik Darajat dan katup stop utama dan katup kontrol pengatur untuk 3 turbin uap di pembangkit listrik Gunung Salak.

“Kami berhasil mendapatkan kontrak kerja ini berdasarkan pengalaman dan rekam jejak panjang dalam teknologi digital maupun sistem kontrol turbin,” ujar Kevin Kosisko, Managing Director Power Generation & Water business ABB, melalui siaran persnya, Rabu (19/9/2019).

Dia mengklaim proyek penggantian ini akan meningkatkan fleksibilitas, keandalan, ketersediaan, dan mengurangi biaya pemeliharaan di dua pembangkit panas bumi tersebut.

ABB Ability™ Symphony® Plus adalah bagian dari portofolio digital ABB Ability™, perangkat digital lintas industri terpadu, mulai dari perangkat sederhana sampai perangkat nirkabel yang lebih canggih hingga berbasis cloud.

Sistem baru yang dipasang di Jawa Barat akan dilengkapi dengan fitur kontrol dan perlindungan digital terdepan memfasilitasi pengguna dengan sistem operasi yang aman, andal, dan ekonomis seraya menawarkan akses yang lebih baik ke informasi operasional untuk memudahkan pemeliharaan dan meningkatkan ketersediaan. Keseluruhan proyek ini ditargetkan dengan perampungan secara bertahap hingga akhir 2020.

Untuk sektor energi dan air, ABB memberikan sistem layanan solusi digital yang terintegrasi dan aman untuk mengotomasi dan mengoptimalkan kinerja pembangkit listrik konvensional dan terbarukan serta fasilitas air.

Facebook Comments

About N

Check Also

Selama Oktober, OTP Garuda Indonesia Tembus 5 Besar Dunia

Suaracargo.com, JAKARTA — Maskapai layanan penuh (full service airlines/FSA) Garuda Indonesia menjadi satu-satunya maskapai di …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *