Monday , March 25 2019
Home / Berita / Andil Inflasi Tarif Angkutan Udara Per Februari 2019 Masih Naik

Andil Inflasi Tarif Angkutan Udara Per Februari 2019 Masih Naik

Suaracargo.com, JAKARTA – Kendati maskapai nasional telah menurunkan harga tiket pesawat rute domestik, tapi andil inflasi komponen tarif angkutan pada Februari 2019 masih meningkat dibandingkan bulan sebelumnya.

Deputi Statistik, Distribusi dan Jasa Badan Pusat Statistik (BPS) Yunita Rusanti mengatakan andil inflasi tiket pesawat pada Februari mencapai 0,03% atau naik tipis dibandingkan bulan sebelumnya yang sebesar 0,02%.

“Jadi memang dari November dan Desember [2018] naik dan masih berlanjut ke Januari [2019]. Februari ternyata masih naik juga tapi kecil,” paparnya dalam konferensi pers di Gedung BPS, Jakarta, Jumat (1/3/2019).

Dari catatan BPS, andil tiket pesawat ini menurun dibandingkan November 2018 yang mencapai 0,05% dan Desember 2018 yang sebesar 0,19%.

Sebelumnya, Asosiasi Maskapai Penerbangan Nasional Indonesia (Indonesia National Air Carrier Association/INACA) mengklaim penurunan tarif tiket penerbangan seluruh maskapai nasional sudah dilakukan sejak 11 Januari 2019, dengan besaran antara 20%-60%.

Penurunan harga dilakukan pada beberapa rute penerbangan domestik seperti Jakarta-Denpasar, Jakarta-Jogja, Jakarta-Surabaya, Bandung-Denpasar, dan akan dilanjutkan dengan rute lainnya dalam beberapa waktu ke depan.

Facebook Comments

About N

Check Also

Tarif Ojek Online Naik, Begini Reaksi Forum Warga Kota Jakarta

Suaracargo.com, JAKARTA – Pemerintah telah menaikkan tarif ojek online alias ojol pada hari ini dan akan resmi …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *