Wednesday , November 21 2018
Home / Berita / BBM SATU HARGA, BPH Migas Selesaikan 77 Penyalur dari Target 160 Titik

BBM SATU HARGA, BPH Migas Selesaikan 77 Penyalur dari Target 160 Titik

Suaracargo.com, JAKARTA – Badan Pengatur Kegiatan Hilir Minyak dan Gas Bumi menyatakan bahwa sub penyalur bahan bakar minyak satu harga mencapai 77 penyalur.

Kepala BPH Migas Fanshurullah Asa mengatakan bahwa jumlah tersebut merupakan jumlah akumulasi dari 2017 hingga 14 Oktober 2018.

“Kalau BBM 1 harga sudah 77 [yang diresmikan] tapi yang sudah operasi 94 dari [target] 160 [2017- 2019],” katanya, Rabu (17/10).

Dalam hal ini realisasi pembangunan penyalur BBM satu harga sudah mencapai 58%. Dia pun mengaku pihaknya optimis untuk memenuhi target hingga 100%.

Menurutnya, kendala dalam membangun BBM satu harga adalah medan yang dituju sulit. “Karena memang pembangunannya di daerah yang sulit diakses. Tidak mudah tapi nanti bisa [sesuai target].”

Berdasarkan data yang diperoleh Bisnis, hingga akhir 2019 BPH Migas  menargetkan PT Pertamina (Persero) untuk membangun 150 penyalur dan PT. AKR Corporindo sebanyak 10 penyalur.

Dalam capaian hingga 14 Oktober ini, Pertamina sudah membangun sebanyak 73 penyalur dan 4 penyalur yang sudah dibangun PT AKR Corporindo.

Sementara itu, terkait  konsumsi solar bersubsidi hingga 15 Oktober 2018 sudah mencapai 82% atau sebesar 12,01 kiloliter (kl) dari kuota yang ditetapkan dalam Anggaran Pendapatan Belanja Negara  2018 sebesar 14,6 juta kl.

Dia mengatakan konsumsi Solar subsidi sampai akhir tahun tidak akan melebihi dari kuota yang ditetapkan  meski saat ini kuota Solar subsidi sudah terpakai 82%.

Bahkan, PT Pertamina (Persero) selaku operator yang ditunjuk sebagai penyalur Solar subsidi memperkirakan konsumsi Solar tahun ini di bawah kuota.

“Mereka bilang akan jaga konsumsi dibawah 14,5 juta kl artinya di bawah asumsi APBN kan,” katanya.

Dia juga menegaskan tidak akan ada kelangkaan solar subsidi di sejumlah daerah.

Apalagi, pihaknya sudah menggandeng aparat keamanan untuk menjaga agar penyaluran solar subsidi tepat  sasaran.

“BPH kan sudah buat MoU sama kepolisian. Kita kerjasama sama mereka, sampai Polsek Polsek untuk mengawal ini.”
Facebook Comments

About N

Check Also

Toyota dan Japan Tobacco Teken Perjanjian Lisensi Teknologi GRAS-Di DNA

Suaracargo.com, TOYOTA CITY Toyota Motor Corporation (Toyota) menandatangani perjanjian dengan Japan Tobacco Inc. (JT) untuk melisensikan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *