Wednesday , November 13 2019
Home / Berita / Extra Flight Maskapai Cenderung Turun, Begini Penjelasan AP I

Extra Flight Maskapai Cenderung Turun, Begini Penjelasan AP I

suaracargo.com – PT Angkasa Pura I (Persero) menilai pengajuan penerbangan tambahan yang dilakukan maskapai pada masa angkutan Lebaran tahun ini cenderung menurun dibandingkan dengan tahun lalu.

Corporate Secretary AP I Handy Heryudhitiawan mengatakan, sepanjang masa angkutan Lebaran 2018, jumlah pengajuan mencapai 5.247 penerbangan tambahan untuk rute domestik maupun internasional. Namun, realisasi saat itu hanya 1.306 penerbangan atau sekitar 24,8%.

“Kalau dibandingkan dengan 2018, tahun ini mengalami penurunan permohonan extra flight. Hingga saat ini yang sudah masuk baru 1.565 slot,” kata Handy kepada Bisnis, awal pekan ini.

Dia menilai, realisasi penerbangan tambahan pada masa angkutan Lebaran tahun lalu menjadi bahan pertimbangan maskapai dalam menentukan pengajuan pada tahun ini. Di sisi lain, angka pengajuan juga menjadi lebih realistis.

Menurutnya, moda transportasi darat yang semakin memadai seperti jalan tolmaupun kereta bisa menjadi alternatif masyarakat dalam melakukan perjalanan mudik maupun balik. Pergeseran moda transportasi tersebut terjadi utamanya di wilayah Pulau Jawa.

Sebagai perbandingan, pengajuan penerbangan tambahan untuk Bandara Juanda di Surabaya pada Lebaran 2018 mencapai 1.598 slot, sedangkan pada tahun ini hanya 580 slot. Adapun, bandara tersebut menjadi pengajuan penerbangan tambahan terbanyak di antara bandara lain di bawah kelolaan AP I.

Pihaknya, dalam melakukan persiapan operasional bandara, juga akan menyesuaikan pada jumlah penerbangan tambahan. Hal tersebut akan memengaruhi waktu layanan atau operasional sebuah bandara.

Facebook Comments

About ader setiawan

Check Also

Aturan Baru, Berikut Mekanisme Pemanfaatan BMN Hulu Migas Eks Terminasi

Suaracargo.com, JAKARTA – Pemerintah memberikan kepastian terkait dengan pemanfaatan Barang Milik Negara (BMN) eks terminasi atau …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *