Tuesday , January 22 2019
Home / Berita / Jadi Komisaris Utama Tokopedia, Ini Perjalanan Karier Agus Martowardojo

Jadi Komisaris Utama Tokopedia, Ini Perjalanan Karier Agus Martowardojo

Suaracargo.com, JAKARTA–Setelah mengakhiri masa jabatannya sebagai Gubernur Bank Indonesia pada Mei lalu, kini Agus Martowardojo didapuk menjadi Komisaris Utama perusahaan e-commerce terbesar di Indonesia, Tokopedia.

Agus mengawali kariernya di perbankan setelah menamatkan pendidikan di Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia pada 1984 sebagai International Loan Officer di Bank of America Cabang Jakarta (1984-1986).

Kariernya pun terus menanjak. Dalam kurun 11 tahun sejak karier pertamanya di perbankan tersebut, Agus telah menduduki kursi presiden direktur di Bank Bumiputera (1995-1998).

Pria kelahiran Amsterdam 1956 itu pun tercatat memegang sejumlah posisi kunci di beberapa bank terkemuka di Indonesia. Di antaranya, menjabat sebagai Presiden Direktur dan CEO Bank Mandiri (2005 – 2010), Direktur Utama Bank Permata (2002-2005), penasihat Ketua Badan Penyehatan Perbankan Nasional (2002), Managing Director Bank Mandiri (1999-2002), dan Direktur Utama PT. Bank Ekspor Impor Indonesia (1998-1999).

Kemudian pada Mei 2010, dirinya mencapai puncak karirnya dengan diangkat menjadi Menteri Keuangan. Dia mengemban tugas sebagai Menteri Keuangan selama 3 tahun, yakni hingga April 2013. Tak lama kemudian, berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 45/P tahun 2013, Agus menjabat sebagai Gubernur Bank Indonesia pada 24 Mei 2013, untuk periode 5 tahun yang berakhir pada 2018.

Selain itu, Agus juga pernah menjabat sebagai Ketua Dewan Pengurus International Islamic Liquidity Management (2016) dan menjabat sebagai ketua Islamic Financial Services Board (2015). Dirinya juga pernah memimpin Perhimpunan Bank Nasional dan Ikatan Bankir Indonesia.

Selama kariernya, Agus menerima beberapa penghargaan, antara lain sebagai Gubernur Bank Sentral Terbaik se-Asia Pasifik dari majalah Global Markets (EuroMoney) pada 2017; Finance Minister of the Year untuk Asia Pasifik dari The Banker (Financial Times) pada 2012; dan Asia’s Best Executive dari AsiaMoney pada 2006.

“Saya melihat Tokopedia sangat konsisten memberdayakan masyarakat melalui teknologi, sehingga ekonomi Indonesia dapat terus tumbuh secara kuat, seimbang dan berkesinambungan. Saya senang dapat bergabung dengan Tokopedia dan mengkontribusikan pengalaman saya untuk mendukung cita-cita perusahaan dalam mendorong pengembangan ekonomi yang inklusif,” ujar Agus Martowardojo, sebagai Komisaris Utama Tokopedia.

Facebook Comments

About N

Check Also

Kemenhub Akan Siapkan Fasilitas Uji Tipe Mobil Listrik

Suaracargo.com, JAKARTA – Kementerian Perhubungan akan menyiapkan fasilitas uji tipe dan uji berkala untuk kendaraan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *