Sunday , December 16 2018
Home / Berita / Jelang Libur Akhir Tahun, ASTRA Tol Tangerang-Merak Siapkan Berbagai Duta Layanan

Jelang Libur Akhir Tahun, ASTRA Tol Tangerang-Merak Siapkan Berbagai Duta Layanan

Suaracargo.com – Menghadapi libur natal dan tahun baru 2019, ASTRA Tol Tangerang-Merak siap luncurkan Layanan Nataru (Natal dan Tahun Baru). Layanan Nataru ini terdiri atas 4 (empat) Duta layanan, yaitu Duta Layanan Wisata, Duta Layanan Transaksi, Duta Layanan Jalan dan Duta Layanan Pendukung. Layanan ini akan siap melayani pengguna Jalan Tol Tangerang-Merak pada periode libur akhir tahun, 15 Desember 2018 s.d. 6 Januari 2019.

Kepala Divisi Hukum & Humas PT Marga Mandalasakti Indah Permanasari menjelaskan bahwa berbagai duta layanan Nataru disiapkan dan mempunyai perannya masing-masing.

“Sebagai komitmen ASTRA Tol Tangerang-Merak dalam mempromosikan wisata Banten dan tagar Ayo ke Banten, melalui layanan Nataru ini kami juga menyiapkan Duta Layanan Wisata yang siap memberikan informasi yang dibutuhkan pengguna jalan terutama yang akan menikmati liburan akhir tahunnya di berbagai destinasi wisata Banten,” jelas Indah.

Berikut layanan yang telah disiapkan oleh ASTRA Tol Tangerang-Merak:

  1. Duta Layanan Wisata

Memberikan informasi destinasi wisata, dimulai dari informasi petunjuk arah dan jarak tempuh mencapai lokasi wisata. Sejumlah media Informasi telah disiapkan yaitu

  1. Kolom khusus petunjuk arah wisata yang ada di laman resmi ASTRA Tol Tangerang-Merak di margamandala.co.id.
  2. Infografis wisata pada media sosial resmi yaitu Instagram @astratoltamer dan twitter @tol_mms.
  3. Peta Wisata cetak yang akan dibagikan di beberapa lokasi di sepanjang Jalan Tol Tangerang-Merak dan peta wisata digital yang akan dibroadcast ke masyarakat umum.
  4. Informasi wisata juga dapat di lihat pada media luar ruang seperti spanduk dan variable message sign (VMS) yang berada di akses dan sepanjang Tol Tangerang-Merak.
  1. Duta Layanan Transaksi

Sebanyak 10 Gerbang Tol Tangerang-Merak akan mengoptimalkan operasional 89 gardu regular, 7 gardu reversible dan 5 gardu tandem yang terdiri atas 23 Gardu Tol Otomatis (GTO)  yaitu 12 GTO Entrance, 9 GTO Exit, 2 GTO Ramp. Sebanyak 377 Personel layanan transaksi disiagakan melayani pengguna jalan. Tersedia juga alternatif pengisian saldo uang elektronik di setiap kantor gerbang dan pengisian tunai di Gerbang Tol Cikupa dan Serang Timur yang berada pada gardu jalur paling kiri.

  1. Duta Layanan Jalan  

a. Layanan Konstruksi Jalan

Untuk meningkatkan pelayanan kepada pengguna jalan, demi kelancaran, keamanan dan kenyamanan dalam berkendara selain telah merampungkan pekerjaan pelebaran lajur ke empat dari Cikupa s.d Balaraja sepanjang 7,45 Km. ASTRA Tol Tangerang-Merak juga melakukan pelapisan ulang jalan (overlay) di beberapa titik seperti KM 73+26 s.d KM 77+782 dan KM 87+539 s.d KM 83+039.  Menjelang H-10 periode libur Natal dan Tahun Baru dipastikan tidak ada pekerjaan di lajur utama, gerbang dan akses. Meski demikian ASTRA Tol Tangerang-Merak tetap menghimbau pengguna jalan agar tetap berhati-hati dan waspada pada area pekerjaan.

b. Layanan Lalu Lintas

Lebih dari ratusan petugas layanan lalu litas Tol Tangerang-Merak dan armadanya di persiapkan untuk Layanan Nataru yang terdiri atas 64 Patroli, 61 personel Derek, 15 petugas medis dan 15 petugas sentra informasi dan komunikasi monitoring tol siaga selama 24 jam, serta turut didukung oleh 37 personel Patroli Jalan Raya (PJR).

  1. Duta Layanan Pendukung

a. Fasilitas

Armada petugas sudah dipersiapkan sebanyak 4 unit ambulance, 1 unit rescue truck, 7 Unit kendaraan Patroli, 15 armada Derek, 3 unit armada Kamtib, 2 unit skylift crane, 2 unit tangki air. Fasilitas pendukung layanan terdiri atas 21 unit VMS, 2 unit VMS mobile, 93 warning light, 145 unit kamera pantau, 1.666 PJU siap melayani di sepanjang Jalan Tol Tangerang-Merak.

b. Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP)

Optimalisasi pelayanan TIP di 4 lokasi yaitu KM 43 dan KM 68 arah Merak, KM 68 dan KM 45 arah Jakarta.

c. Posko Kesehatan

Posko kesehatan terdapat di dua lokasi yakni TIP KM 68 arah Merak dan arah Jakarta. Pada posko kesehatan ini tersedia layanan pemerikasaan fisik gratis kepada pengguna jalan serta penyediaan obat-obatan, bagi pengguna jalan yang lelah dapat rehat sejenak dengan memanfaatkan kursi pijat untuk kembali memulihkan tenaga sebelum melanjutkan kembali perjalanan.

Kencenderungan tren lalu lintas libur kali ini didominasi para pengguna jalan yang akan berwisata ke sejumlah destinasi wisata di Banten. Untuk mengantisipasi lonjakan kendaraan ASTRA Tol Tangerang-Merak mempersiapkan manajemen lalu lintas yang bersifat situasional sesuai dengan situasi dan kondisi.

“Jika terjadi kepadatan di Gerbang Tol Cilegon Barat maka akan dialihkan ke Gerbang Tol Cilegon Timur, begitu juga apabila terjadi lonjakan kendaraan di wilayah Serang Timur akan dialihkan ke Gebang Tol Serang Barat,” tambah Indah.

ASTRA Tol Tangerang-Merak juga memberikan informasi kondisi dan situasi lalu lintas terkini yang terjadi di Tol Tangerang-Merak melalui akun twitter resmi @tol_mms.

Facebook Comments

About N

Check Also

Kasus KBN dan KCN, Kemenhub Perlu Petakan Potensi Konflik Proyek Pelabuhan

Suaracargo.com, JAKARTA — Pemerintah harus memetakan potensi konflik antarcalon investor sebelum menggenjot proyek-proyek infrastruktur berskema …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *