Tuesday , June 25 2019
Home / Berita / Jumlah Pemudik Kapal Laut Diprediksi Naik Hampir 5 Persen

Jumlah Pemudik Kapal Laut Diprediksi Naik Hampir 5 Persen

Suaracargo.com, JAKARTA – Jumlah penumpang kapal laut pada Lebaran 2019 diprediksi naik 4,8% dari Lebaran tahun lalu. Kementerian Perhubungan Laut tengah mempersiapkan penyelenggaraan angkutan laut Idulfitri yang jatuh awal Juni.

Jumlah penumpang kapal laut selama H-15 hingga H+15 Lebaran tahun ini diperkirakan 1,9 juta, lebih tinggi 87.893 orang dari realisasi Lebaran sebelumnya. Namun, Ditjen Perhubungan Laut belum mengetahui potensi angkutan Lebaran tahun ini karena masih dalam pengumpulan data.

Kasubdit Angkutan Laut Khusus dan Usaha Jasa Terkait Direktorat Lalu Lintas dan Angkutan Laut Ditjen Perhubungan Laut Tri Puji Ananta mengatakan bahwa uji petik kesiapan armada dan pelabuhan akan dilakukan April, yang ditindaklanjuti dengan monitoring kesiapan angkutan Lebaran.

“Mei kami akan lakukan apel pembukaan posko angkutan laut Lebaran dan pelaksanaan posko,” katanya, Kamis (21/3/2019).

Menurutnya, sebanyak 52 pelabuhan di Tanah Air akan menjadi lokasi pemantauan. Pada Lebaran tahun lalu, potensi armada yang siap 1.293 unit dengan kapasitas angkut 3,4 juta orang.

Kemenhub mengimbau para kepala Kantor Kesyahbandaran, Kepala KSOP Kelas I s.d. V, dan Kepala UPP Kelas I s.d. V untuk mengoptimalkan potensi armada di daerah masing-masing. Mereka juga diinstruksikan untuk melaksanakan uji kelaiklautan kapal.

Facebook Comments

About N

Check Also

Truk Barang Dilarang Lewat Tol Tangerang-Merak pada 30 Mei-2 Juni

Truk angkutan barang dilarang melewati ruas tol Tangerang-Merak saat mudik Lebaran 2019. Pelarangan diberlakukan mulai …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *