Sunday , December 16 2018
Home / Berita / Menkominfo: Percepatan Pemberian Izin Berdampak pada Lapangan Pekerjaan

Menkominfo: Percepatan Pemberian Izin Berdampak pada Lapangan Pekerjaan

Suaracargo.com, JAKARTA – Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara menyebut percepatan pemberian izin bakal berdampak pada percepatan penciptaan lapangan pekerjaan.

Menurutnya, dengan kemudahan pemberian izin, pelaku usaha lebih cepat mengambil keputusan investasi. Contoh sederhananya, rekrutmen tenaga kerja di bidang kebersihan.

Dampak yang sama, katanya, tak bisa terlihat pada pemerintah yang membelanjakan anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN).

“Saya katakan ya, pemerintah itu tidak jago bikin lapangan pekerjaan serta merta. Kami, pemerintah, Kominfo katakan bisa bikin lapangan kerja kalau kita punya APBN, kita belanja modal. Tetapi itu kan sifatnya tahunan. Tetapi kalau orang mau berusaha minta izin, gampangin izin saya bilang. Dia dapat izin prinsip aja dia udah rekrut office boy, sekretaris,” katanya belum lama ini.

Oleh karena itu, dia menyebut perizinan di Kementerian Komunikasi dan Informatika telah disederhanakan dari 36 menjadi lima izin. Bahkan untuk bidang tertentu seperti untuk penyiaran radio dan televisi sudah ada yang ditangani kepala sub direktorat.

“Untuk televisi dan radio yang tanda tangan itu kasubdit sekarang dan kami ini regulasi itu kami sederhanakan. Kami punya 36 jenis izin sebelumnya. Sekarang tinggal lima,” katanya.

Facebook Comments

About N

Check Also

Kasus KBN dan KCN, Kemenhub Perlu Petakan Potensi Konflik Proyek Pelabuhan

Suaracargo.com, JAKARTA — Pemerintah harus memetakan potensi konflik antarcalon investor sebelum menggenjot proyek-proyek infrastruktur berskema …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *