Sunday , August 25 2019
Home / Bisnis / Penuh Rintangan, Cerita Pengiriman Logistik Pemilu di Karimunjawa

Penuh Rintangan, Cerita Pengiriman Logistik Pemilu di Karimunjawa

Kepulauan Karimun Jawa mendapat perhatian lebih oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Tengah dalam pemenuhan logistik surat suara Pemilu 2019. Pasalnya, menyeberangi pulau-pulau kecil menggunakan kapal nelayan perlu pengamanan khusus.

Ada empat pulau besar yang mengadakan pemilihan, yakni Karimun Jawa Besar, Pulau Parang, Pulau Nyamuk, dan Pulau Genting. Logistik Pemilu sudah dikirim sejak 10 April 2019 lalu.

Ketua KPU Kabupaten Jepara Subchan Zuhri menyampaikan, pengiriman logistik Pemilu di Karimunjawa lebih awal lantaran menimbang cuaca laut musim barat dan hujan.

“Karimunjawa diprioritaskan lebih awal, logistik sudah sampai pada Rabu (10/4/2019), dikirim menggunakan kapal Siginjai,” kata Subchan, saat dikonfirmasi Suara.com, Selasa (16/4/2019).

Perjalanan menggunakan kapal Siginjai sekitar lima jam dari Pelabuhan Kartini Jepara. Logistik sampai di dermaga Karimunjawa lalu disimpan di Kantor Kecamatan Karimunjawa. Selanjutnya didistribusikan ke pulau-pulau menggunakan kapal kecil nelayan dengan pengawalan letak Polsek Karimunjawa.

“Dari Karimunjawa logistik didistribusikan ke Pulau Parang dan Pulau Nyamuk pada Minggu (14/4/2019), lali ke Desa Karimunjawa dan Desa Kemujan pada Senin (15/4/2019),” bebernya.

Perjalanan dengan kapal kecil nelayan memakan sekitar 2-3 jam perjalanan. Pengalaman dilakukan oleh Polsek Karimunjawa dibantu aparat dari Polres Jepara dan Babinsa.

Sementara untuk logistik Pemilu di Pulau Genting didistribusikan pada Selasa pagi ini. Logistik Pemilu mulai dari kotak TPS, kota PPK, surat suara, dan logistik lainnya yang dibungkus dengan plastik anti air selama dilakukan penyeberangan dengan kapal nelayan.

“Dibungkus pakai plastik anti air, kita harus hati-hati dan logistik harus benar-benar aman dari air, karena takutnya terjadi ombak yang sedang musim angin barat,” terangnya.

Jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) di Karimunjawa sebanyak 6.929 nama. Jumlah tersebut tersebar di 32 TPS di empat pulau. Yaitu Karimunjawa 3.446 pemilih, Kemujan 2.248 pemilih, Nyamuk ada 415 pemilih, dan Pulau Parang 820 pemilih.

“Jumlah TPS di Kepulauan Karimunjawa ada 32 TPS, terbagi di Karimunjawa 15 TPS, Kemujan ada 11 TPS. Lalu di Parang empat TPS dan Nyamuk ada dua TPS,” tukasnya

Facebook Comments

About ader setiawan

Check Also

Pengiriman Barang Naik 17 Persen

  BALIKPAPAN – Jumlah pengiriman paket barang di Kantor Pos Cabang Balikpapan, Jalan Jenderal Sudirman, …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *