Wednesday , June 16 2021
Home / Berita / Revitalisasi Pasar Ciputat Berpotensi Dapat Penjaminan

Revitalisasi Pasar Ciputat Berpotensi Dapat Penjaminan

Suaracargo.com, JAKARTA — PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia bakal mengkaji penjaminan untuk proyek revitalisasi Pasar Ciputat, Tangerang Selatan.

BUMN penjaminan itu siap memberi pendampingan dalam penyusunan kajian studi kelayakan akhir untuk proyek kerja sama pertama di sektor pasar tersebut.

SVP Corporate Secretary & Communications PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia (PII) Indra Pradana Singawinata mengatakan bahwa proyek revitalisasi Pasar Ciputat menjadi salah satu proyek potensial yang bisa dijamin oleh perseroan.

Di samping itu, proyek ini juga bakal memperluas portofolio PII dalam penjaminan proyek kerja sama. Saat ini, portofolio penjaminan PII tersebar di sektor jalan tol, telekomunikasi, pembangkit listrik, dan sistem penyediaan air minum.

“Ini juga membuktikan bahwa penjaminan sudah dilihat sebagai tools untuk kenyamanan investor waktu mereka investasi,” ujar Indra kepada Bisnis.com, Senin (10/12).

Menurutnya, PII sejauh ini belum terlibat dalam tahap persiapan proyek revitalisasi Pasar Ciputat. Namun, perseroan siap membantu Pemerintah Kota Tangerang Selatan dalam menyusun studi kelayakan akhir atau final business case.

Saat ini, Pemrintah Kota Tangerang Selatan masih menyusun studi kelayakan awal atau outline business case (OBC) untuk proyek revitalisasi Pasar Ciputat.

Pemkot bersama dengan Badan Koordinasi Penanaman Modal telah menggelar penjajakan minat pasar atau market sounding proyek revitalisasi Pasar Ciputat pada akhir November 2018.

Penjajakan yang dihadiri perwakilan 75 investor itu menjadi ajang untuk menerima pandangan investor sebagai bahan pertimbangan dalam penyusunan OBC.

Deputi Bidang Perencanaan Penanaman Modal BKPM Ikmal Lukman mengatakan bahwa proyek revitalisasi Pasar Ciputat menjadi proyek kerja sama pelopor untuk proyek pengembangan pasar tradisional pada masa mendatang.

Pada proyek ini, badan usaha akan ditawarkan untuk membangun dan mengoperasikan Pasar Ciputat dengan konsesi selama 20 tahun.

Pengembalian investasi akan berasal dari user charge berupa tarif sewa kios, pengelolaan parkir, pusat jajanan, dan sumber pendapatan lain.

Berdasarkan catatan Bisnis.com, Pasar Ciputat merupakan salah satu aset Pemerintah Kota Tangerang Selatan. Luas bangunan pasar mencapai 3.343 meter persegi dan berdiri di lahan seluas 5.670 meter persegi. Pasar ini merupakan satu dari 13 pasar tradisional yang ada di Tangerang Selatan.

Facebook Comments

About N

Check Also

Aturan Baru, Berikut Mekanisme Pemanfaatan BMN Hulu Migas Eks Terminasi

Suaracargo.com, JAKARTA – Pemerintah memberikan kepastian terkait dengan pemanfaatan Barang Milik Negara (BMN) eks terminasi atau …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *