Saturday , February 16 2019
Home / Cargo Udara / Runway Juanda Retak, Angkasa Pura I Kerja Keras Percepat Perbaikan

Runway Juanda Retak, Angkasa Pura I Kerja Keras Percepat Perbaikan

Suaracargo.com, JAKARTA – PT Angkasa Pura I (Persero) langsung bergerak memperbaiki landas pacu atau runway Bandara Juanda di Surabaya yang dilaporkan mengalami keretakan sekitar 3 meter.

Sekretaris Perusahaan PT Angkasa Pura (AP) I Handy Heryudhitiawan mengatakan penyebab dan dimensi retakan masih diselidiki lebih lanjut. Dia menyatakan saat ini fokus utama adalah segera melakukan perbaikan.

“Pihak AP I di Surabaya langsung melakukan perbaikan terlebih dulu, karena terkait dengan keselamatan pengguna runway,” katanya, Kamis (7/2/2019).

Dia menambahkan sesuai dengan Notice to Airmen (NOTAM) A0539/19 runwayBandara Juanda ditutup hingga pukul 12.00 WIB. Dia akan segera memberitahukan informasi lebih lanjut apabila ada perkembangan.

Bandara Juanda merupakan salah satu dari total lima bandara yang sedang dilakukan pekerjaan pelapisan ulang (overlay) di runway yakni Bandara I Gusti Ngurah Rai di Denpasar, Bandara Ahmad Yani di Semarang, Bandara Syamsuddin Noor di Banjarmasin, dan Bandara Hasanuddin di Makassar.

Overlay tersebut, sangat diperlukan karena telah terjadi tren pertumbuhan penumpang yang tinggi pada kelima bandara tersebut, sehingga berdampak pada meningkatnya jumlah pesawat. Selain itu, pengoperasian jumlah pesawat berlorong ganda (wide body) juga semakin banyak, sehingga beban runway kian bertambah.

Sebelumnya beredar kabar bahwa Bandara Juanda Surabaya ditutup selama 3 jam akibat kerusakan landasan pacu.

Penumpang di bandara tersebut yang hendak lepas landas ke Batam diminta turun lagi dari pesawat. Sebaliknya, penerbangan dari Lombok menuju Surabaya pukul 9.40 WITA harus kembali ke Lombok setelah sempat mengudara 30 menit.

Facebook Comments

About N

Check Also

Pembangkit Kedua PLTU Cirebon Dijadwalkan Beroperasi 2022

Suaracargo.com, JAKARTA — Perusahaan pembangkit listrik Cirebon Power tengah membangun PLTU Cireboh tahap II dengan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *